Liputan Wisuda VI & Dies Natalis X STTIA

LIPUTAN WISUDA VI & DIES NATALIS X STTIA

Penyelesaian studi selama empat tahun telah ditempuh para mahasiswa STTIA (Sekolah Tinggi Teologi Tabernakel Indonesia) demi memperoleh gelar akademik Sarjana Teologi. Di masa-masa terakhir dari studi mereka, di situ mereka makin dibentuk dan diuji untuk dapat menghasilkan karya tulis sebagai tugas akhir mereka hingga waktu yang dinanti-nantikan bagi mereka yang lulus ujian sidang skripsi dapat diwisuda dan berhak menyan-dang gelar S.Th.

Wisuda VI STTIA kali ini mengambil tema Shine Your Light to the Nations (Sinarkan Terang-Mu bagi bangsa-bangsa) yang disarikan dari ayat Firman Tuhan di Kisah Para Rasul 13:47. Acara yang bertempat di GPT Kristus Ajaib, Jl. Johor 47, Surabaya dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 Agustus 2017. Uniknya acara wisuda VI kali ini juga merupakan ucapan syukur atas berdirinya STTIA selama 10 tahun sejak 24 Agustus 2007 sekaligus penahbisan mahasiswa baru yang akan memasuki tahun ajaran 2017/2018 di semester gasal ini.

Prosesi masuk dari Pimpinan, Dosen STTIA dan perwakilan Yayasan Pembinaan Kerok-hanian Tabernakel mengawali acara Wisuda VI STTIA dilanjutkan dengan ibadah berisi puji-pujian singkat dipimpin oleh alumni STTIA, Sdr. Moses Novega, S.Th. diiringi musik yang dimainkan oleh mahasiswa dan beberapa alumni yang menjadi penyanyinya. Setelah pujian berakhir, ibadah dilanjutkan dengan pemberitaan Firman Tuhan oleh Gem-bala Sidang GPT Kristus Gembala & Kristus Ajaib, Bpk. Pdt. Paulus Budiono. Firman Tuhan berpesan agar kita senantiasa berada di dalam terang bukan di luar Tuhan yang adalah kegelapan supaya kehidupan kita, khususnya para wisudawan, menjadi terang yang terpancar untuk membawa orang lain masuk ke dalam keselamatan yang Tuhan sediakan. Keteladanan Paulus menjadi gambaran agar kita juga mengambil teladan Kristus sendiri. Sudah saatnya bagi kita untuk siap diutus memenangkan jiwa-jiwa ke mana pun Tuhan menghendaki kita ditempatkan.

Seusai doa pemberitaan Firman Tuhan oleh Pembimas Kristen Jawa Timur, Bpk. Yunus Doloe, S.PAK, M.M., para mahasiswa yang tergabung dalam GIFT Choir disertai para wisudawan dan mahasiswa baru melantunkan Hymne STTIA. Acara dilanjutkan dengan wisuda dari 15 Sarjana Teologi oleh Pimpinan STTIA yang akan diutus pergi untuk meng-alami mukjizat Tuhan dan percaya bahwa Tuhan berkuasa mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi-Nya sesuai dengan apa yang mereka serukan saat mempersembahkan pujian. Doa pengutusan dan peneguhan wisudawan oleh Bapak Gembala disertai Penatua dan Badan Pengurus Harian Sinode GPT, Bpk. Pdt. Timbul SIlalahi, M.Th. serta Bpk. Pdt. S. Frits Pinaria, dilakukan bersama dengan 18 mahasiswa baru yang memasuki perkuliahan pada tanggal 28 Agustus 2017. Setelah wisuda selesai, disampaikan orasi ilmiah oleh Dr. Harianto GP, D.Th., Ketua STT Bethany & perwakilan Jaringan STT se-Surabaya.

Pemotongan Tumpeng dan pemberian plakat penghargaan yang diberikan kepada Bpk. Pdt. Paulus & Ibu Ester Budiono selaku Founding Father STTIA menandai ucapan syukur Dies Natalis X STTIA. Selain itu juga diberikan plakat penghargaan bagi Bpk. Pdm. Budy Avianto selaku Ketua Umum Yayasan Pembinaan Kerokhanian Tabernakel.

Acara berikutnya adalah sambutan dari Ketua Yayasan, drg. Markus Budi Rahardjo, M.Kes.,M.A. dilanjutkan sambutan dari Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI, Bpk. Prof. Thomas Pentury, M.Si. Bapak Dirjen mengarahkan agar program studi STTIA yang belum terakreditasi – Prodi Pascasarjana – untuk segera masuk proses diakreditasi. Namun beliau menyatakan bersyukur bahwa Prodi S1 telah terakreditasi BAN PT begitu pula institusi STTIA yang telah memperoleh status akreditasi sejak tahun 2015. Para wisudawan kemudian melanjutkan acara wisuda yang dihadiri lebih dari 250 orang dengan acara ramah tamah bersama seluruh mahasiswa, wisudawan, undangan dan para tamu yang hadir. Segala hormat dan kemuliaan hanya bagi Tuhan Yesus Kristus semata. Amin. (AD)